Relokasi PKL Kota Bandung, Satpol PP Lakukan Pendekatan Humanis dalam Penertiban

Relokasi PKL ke basement Alun-alun Bandung. (hms)

Bandung, adajabar.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung sedang giat melakukan upaya optimal untuk menertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL) dari Jalan Dalem Kaum menuju Basement Alun-alun Kota Bandung.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Satpol PP Kota Bandung, Idris Kuswandi, Kamis (14/12/2023).

Permasalahan PKL di Jalan Dalem Kaum yang masuk ke dalam zona merah, imbuh Idris sudah berlangsung sejak 2013. Namun hingga saat ini masih belum tuntas.

“Pemindahan penjual kuliner di Jalan Dalem Kaum ke basement pada tahun 2016 adalah langkah awal dan sekarang Pemkot Bandung melalui Satgas Khusus tengah merelokasi penjual lainnya ke Basement Alun-alun. Semoga menjadi solusi yang mengakhiri permasalahan ini,” ujarnya.

Meski telah dilakukan sosialisasi dan rapat di kantor kelurahan, kecamatan, Satpol PP hingga Dinas KUKM, Idris menyatakan masih mengalami kendala.

“Tidak semua PKL setuju dengan transfer ini karena takut akan berdampak pada pendapatan mereka,” katanya.

Kendati demikian sosialisasi terus dilakukan, terlebih Satpol PP juga melakukan pendekatan yang bersifat humanis dalam berkomunikasi dengan PKL.

“Kami bersifat humanis dalam melakukan pendekatan kepada PKL, semua tahapan sudah dilakukan antara lain sosialisasi seperti diundang rapat-rapat sampai diperingatkan tetapi jika tidak dapat diselesaikan dengan pendekatan humanis, maka terpaksa kami melakukan tindakan represif. Kami harus menjalankan Perda dan Perwal yang berlaku, bahwa di zona merah harus ditertibkan,” ungkapnya.

Idris Kuswandi menjelaskan, penertiban ini penting karena Kota Bandung merupakan tujuan wisata sehingga harus rapi dan cantik.

“Bandung adalah tujuan wisata jadi harus rapih apalagi dikenal sebagai Paris Van Java, Kota Kembang. Penertiban ini pun dibarengi dengan solusi transfer ke basement Alun-alun Bandung dan nanti kalau sudah tuntas maka akan dilakukan launching,” ujarnya.

Dengan keterlibatan berbagai pihak dan upaya pencegahan yang dilakukan, diharapkan transfer PKL Dalem Kaum ke Basement Alun-alun dapat menjadi langkah positif menuju dan kenyamanan di Kota Bandung.

“Kepada para PKL Dalem Kaum mudah-mudahan bisa segera pindah, kota yang rapi untuk kenyamanan kita semua,” katanya. (hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *