Presiden Jokowi Menunjuk Luhut Binsar Pandjaitan Menjadi Koordinasi Investasi Apple di IKN

BANDUNG, adajabar.com — Koordinator Bidang Kemaritiman dan Inventasi (Menko Marves) Luhut ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai koordinator investasi Apple di IKN untuk membangun Smart City.

Penunjukan Luhut ini dilakukan usai pertemuan Jokowi dengan Tim Cook selaku Ceo Apple di Istana Merdeka Jakarta Pusat pada Rabu (17/4/2024). Respons Tim Cook sejauh ini sangat baik terkait perencanaan Jokowi meminta Apple ikut berpartisipasi dalam investasi Smart City di IKN.

Sebab Indonesia per 2023 tercatat sudah mampu memproduksi 50 juta unit handphone. Dengan kemampuan itu, ia berharap Apple mempertimbangkan konsep business matching yakni dengan menyesuaikan produk atau komponen Indonesia dengan spek dari Apple. Yakni, hal ini disampaikan oleh Agus Gumiwang Kartasasmita selaku Menteri Perindustrian.

“Berdasarkan dari kesepakatan antara Indonesia dengan Apple antara pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kemenperin dengan Apple untuk mereka bisa mendapatkan nilai 35 persen. Jadi basisnya adalah investasi,” ujar Agus.

Luhut mengatakan bahwa, penunjukan ini atas keinginan presiden jokowi kepada Tim Cook selaku CEO Apple. “Dia (Tim cook) menginginkan berinvestasi di Indonesia dan Dia (Timcook) memerintahkan stafnya untuk segera follow up , dan Presiden jokowi memerintahkan saya untuk segera merespons rencana mereka mau investasi dalam jumlah yang cukup besar di Indonesia “. Ucapan Luhut melalui Video pada Kamis (18/4/2024) di akun Instagram resmi @luhut.pandjaitan (dmf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *