Angin Puting Beliung Terjang Kabupaten Bandung, 90 Rumah Rusak

Ilustrasi. (ist)

Kabupaten Bandung, adajabar.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung mencatat bahwa sekitar 90 rumah mengalami kerusakan akibat dampak dari bencana angin puting beliung. Kerusakan ini melibatkan beberapa kecamatan di wilayah tersebut.

“Iya benar ada sekitar 90 rumah mengalami kerusakan. Itu merupakan hasil assessment petugas di lapangan,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Uka Suska Puji Utama, Minggu (24/12/2023).

“Di Ciparay itu ada rusak ringan 59 rumah, rusak berat ada 14 rumah, dan rusak sedang ada 2 rumah. Terus di Baleendah ada 13 rusak ringan dan di Arjasari ada 2 rumah. Jadi kalau total semua ada 90 rumah rusak,” katanya.

Uka menjelaskan, saat ini warga dan petugas tengah bahu membahu membersihkan material rumah yang mengalami kerusakan. Kemudian beberapa pohon tumbang pun tengah dibersihkan.

“Iya sampe sekarang masih dilakukan pembersihan. Kami terus berkoordinasi dengan pihak pemerintahan setempat guna melakukan pembersihan dan assesment,” jelasnya.

Menurutnya saat ini ada beberapa warga yang tetap memilih untuk bertahan dan ada yang memilih mengungsi ke rumah saudaranya. Kata dia, saat ini warga diimbau untuk tetap waspada bila terjadi hujan.

“Iya kita mengimbau warga semuanya untuk tetap waspada. Bagi yang belum mengungsi, diharapkan untuk bisa segera mengungsi,” ucapnya.

Dia menambahkan saat ini warga yang terdampak membutuhkan beberapa kebutuhan yang mendesak. Sehingga kebutuhan warga masih bisa terpenuhi.

“Warga sekarang butuh family kit, makanan siap saji, terpal, alat kebersihan, matras, hingga asbes,” pungkasnya. (dbs)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *