Syaktifa Jasmine Nadhira, Juara 1 FLS2N SMA Tingkat Jabar

Syaktifa Jasmine Nadhira, Juara 1 FLS2N SMA Tingkat Jabar.

Cimahi, adajabar.com РTenang, tenang, tenang, dan optimis. Itulah sugesti Syaktifa Jasmine Nadhira, peserta FLS2N SMA Tingkat Provinsi Jawa Barat bidang lomba menyanyi solo putri yang coba tanamkan saat namanya tidak disebut kala juara 3 dan 2 diumumkan. 

Namun, tatkala juara 1 diumumkan, namanyalah yang disebut. “Pas denger jadi juara satu, langsung enggak bisa berkata-kata,” kenangnya saat ditemui di sekolah, Selasa (1/8/2023).

Siswa SMAN 5 Cimahi ini berhasil menyabet juara 1 dan akan mewakili Jabar di FLS2N tingkat nasional. Saat ini, ia sedang mengikuti tahap menjadi finalis di tingkat nasional. 

Cinta Musik Sejak Belia 

Syaktifa mengaku jatuh cinta pada dunia musik sejak usia tiga tahun. Ini tak lepas dari peran orang tuanya yang juga menyukai musik. “Dulu Ayah pemain band, Ibu gitaris. Jadi, bisa dibilang suka musik karena keturunan juga,” ceritanya.

Bagi Tifa (sapaan akrabnya), selain hobi, menyanyi selalu bisa menjaga suasana hatinya. “Seneng aja kalau nyanyi tuh. Misalnya lagi enggak mood, dengan nyanyi jadi mood kembali,” tambahnya. 

Saat ditanya siapa penyanyi favoritnya, Tifa menjawab dengan tegas, Lyodra. “Karena, dia itu juara. Suaranya juga bagus, pasti keseluruhan dari dia itu dapat dicontoh,” ucap siswa yang bercita-cita menjadi penyanyi ini.

Peran Pembimbing

Prestasi ini pun tak lepas dari peran guru pembimbingnya, Bu Rika. “Peran beliau penting banget. Terus, diimbimbing nyanyi dan kalau ada salah pasti ditegur demi kebaikan saya juga. Jadi, selain sebagai pembimbing, beliau juga support system saya,” aku siswa kelas XII IPS 2 tersebut. 

Hubungan mereka pun semakin dekat sebab Tifa juga tergabung dengan ekstrakurikuler paduan suara. Sehingga, minat dan bakatnya dapat terasah melalui wadah yang disediakan oleh sekolah. 

Tifa bercita-cita usai lulus SMA akan melanjutkan pendidikan tinggi di UPI jurusan seni musik untuk menggapai mimpinya menjadi penyanyi profesional. Siswa yang sedang suka lagu “Tak Segampang itu” milik Anggi Marito ini pun mengajak generasi muda untuk bergerak tentukan masa depan. 

“Hari ini menentukan masa depan kita. Usahain banyak berorganisasi, bertemu orang baru, dan tambahlah pengalaman. Masalah pacaran mah nomor sekian!” ujarnya.

Paket Lengkap

Sang Pembimbing, Rika Mutia Muharromah pun mengungkapkan, Syaktifa memiliki paket lengkap sebagai penyanyi. “Dia punya materi suara yang bagus dan berkarakter. Jadi, kalau denger suara dia, kita pasti tahu itu suara Tifa (sapaan akrab Syaktifa). Ia punya modal sebagai penyanyi besar,” ungkapnya.

Selain bakat, tambah Rika, keunggulan lain Tifa adalah pantang menyerah. Ia bercerita, Tifa sempat mengikuti FLS2N daring tahun sebelumnya dan gagal. Alih-alih menyerah, ia terus berjuang hingga mengikuti FLS2N tahun ini dan keluar sebagai pemenang. 

“Anaknya pejuang banget, enggak kenal lelah dan pantang menyerah. Kondisi apa pun selalu siap dan tak pernah ada alasan. Dia memang punya effort yang bisa memunculkan prestasi seperti sekarang,” tuturnya. 

Prestasi ini, ungkap Rika, tak hanya mengharumkan nama Tifa, tapi juga sekolah. “Ini jadi kebanggaan yang bisa kita publikasikan ke banyak orang. Prestasi ini akan banyak berimbas pada hal-hal baik untuk sekolah,” tuturnya. 

Menurutnya, ajang FLS2N dan sejenisnya sangat penting dilaksanakan dan diperbaharui. “Ajang seperti FLS2N ini sangat penting. Karena, bukan hanya mencari bakat, tapi mencari cikal bakal penerus bangsa di bidang seni,” pungkasnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *